Return to site

Manfaat Daun Jeruk

· Kesehatan

Daun jeruk

Manfaat Daun Jeruk

Daun jeruk adalah spesies daun. Daun jeruk diekstrak dari tanaman jeruk. Daun jeruk digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya memberi aroma harum di kulitnya. Daun jeruk juga memiliki rasa yang nyata, sehingga daun jeruk sering digunakan sebagai perasa dalam persiapan kuliner. Daun jeruk berwarna hijau, runcing dan tidak terlalu lebar.

Daun jeruk dijual sangat murah, sehingga biasanya dijual bersama dengan bumbu dapur lainnya. Daun jeruk adalah tanaman obat keluarga, dengan kata lain, daun jeruk mudah ditanam di lingkungan rumah. Anda dapat menanam daun jeruk di pot untuk mengambil daun muda dan menggunakannya langsung untuk memasak atau keperluan lainnya. Daun jeruk dapat digunakan untuk hidangan yang dimasak atau mentah.

fungsi
 

Daun jeruk mengandung aroma minyak esensial seperti sitrus dan serai. Karena mengandung serai, aroma daun jeruk dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Daun jeruk juga membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah kerusakan gigi. Daun jeruk juga efektif melawan perut kembung dan mual. Daun jeruk juga efektif untuk proses detoksifikasi dalam tubuh.

Di bidang kuliner, daun jeruk digunakan untuk menambah rasa dan memberi rasa asam di dapur. Daun jeruk biasanya digunakan dalam masakan santan seperti Rendang. Daun jeruk sebagai perasa makanan digunakan dalam keripik olahan, misalnya keripik tempe dengan rasa jeruk. Daun jeruk juga digunakan sebagai lauk dalam masakan.

Bagaimana prosesnya
 

Menjaga daun jeruk segar agar tetap segar sangat mudah. Anda hanya perlu menyimpannya di wadah tertutup di lemari es. Daun jeruk dicuci dan kemudian dikeringkan dengan aerasi. Kemudian daun jeruk disimpan dalam wadah plastik dan disimpan dalam lemari es yang tidak terlalu dekat dengan freezer. Penggunaan dan pengolahan daun jeruk juga tidak terlalu sulit.

Daun jeruk ditambahkan ke rempah-rempah sampai layu dan mengeluarkan aroma jeruk yang nyata. Dalam penambah rasa, daun jeruk dipotong halus sebelum dimasak atau dihancurkan dengan bumbu lain. Dengan cara ini, rasa daun jeruk bisa meresap.